Jenis Biji Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Rangsang, Kepulauan Meranti

Jenis Biji Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Rangsang, Kepulauan Meranti



Jenis Biji Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Rangsang, Kepulauan Meranti - Walaupun makin banyak penikmat kopi yang mengenali beragam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, mulai dari kelasnya, tempat penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan flavour yang berbeda.

Kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di tanah air serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah tahu kekhasan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai rupa biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran harganya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Biji Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Rangsang, Kepulauan Meranti


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di bermacam bagian dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa spesial, berlainan di tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan hama dan penyakit.

Adapun keunikan paling gamblang ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan beragam veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi informasi di website Jenis Biji Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Rangsang, Kepulauan Meranti, semoga berpengaruh.

0 comments