Jenis Klon Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker di Menur Pumpungan

Jenis Klon Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker di Menur Pumpungan



Jenis Klon Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker di Menur Pumpungan - Kendati makin banyak penikmat kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, namun tak sedikit juga yang ternyata masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, dari kelasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walaupun berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu beda.

Kopi sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah anda semua pernah tahu karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang tatanan bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran harganya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Klon Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker di Menur Pumpungan


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di berbagai bagian dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa khas, berbeda di tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan kebal penyakit dan hama.

Adapun keunikan setidaknya mencolok yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi artikel dalam halaman Jenis Klon Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker di Menur Pumpungan, moga-moga bermanfaat.

0 comments