Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Jual Coffee Maker di Jati Asih, Bekasi

Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Jual Coffee Maker di Jati Asih, Bekasi


Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Jual Coffee Maker di Jati Asih, Bekasi - Biar semakin berlimpah pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, daerah peraniannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di tanah air serta dipakai di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah paham keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki rupa biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit namun memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Jual Coffee Maker di Jati Asih, Bekasi


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di berbagai bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga tahan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan paling menonjol adalah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi tulisan dalam halaman Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Jual Coffee Maker di Jati Asih, Bekasi, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments