Jenis Kopi Arabika Indonesia – Toko Online Coffee Maker Di Galing, Sambas

Jenis Kopi Arabika Indonesia – Toko Online Coffee Maker Di Galing, Sambas


Jenis Kopi Arabika Indonesia – Toko Online Coffee Maker Di Galing, Sambas - Walaupun semakin banyak pecinta kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tapi gak sedikit juga yang ternyata masih tak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, mulai dari varietasnya, tempat ditanamna, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, kendati berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di beberapa coffee shop.

Namun, apakah anda semua telah mengetahui ke-khas-an dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai struktur biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika Indonesia – Toko Online Coffee Maker Di Galing, Sambas


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di bermacam belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan kebal hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling mencolok yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam setahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami serta merasakan beragam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kafe yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca tulisan dalam halaman Jenis Kopi Arabika Indonesia – Toko Online Coffee Maker Di Galing, Sambas, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments