Jenis Kopi Arabika Terbaik – Jual Mesin Coffee Maker di Ciruas

Jenis Kopi Arabika Terbaik – Jual Mesin Coffee Maker di Ciruas


Jenis Kopi Arabika Terbaik – Jual Mesin Coffee Maker di Ciruas - Walaupun semakin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari kelasnya, kawasan penanamannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, biar pun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah anda semua telah mengetahui karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki wujud batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika Terbaik – Jual Mesin Coffee Maker di Ciruas


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di beragam bagian bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena menyandang cita rasa istimewa, berlainan di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta resistan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan paling mencolok ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, namun susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, juga sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai Coffee shop yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca tulisan di website Jenis Kopi Arabika Terbaik – Jual Mesin Coffee Maker di Ciruas, semoga berguna.

0 comments