Jenis Kopi Di Toraja – Toko Online Coffee Maker Di Curup Selatan, Rejang Lebong

Jenis Kopi Di Toraja – Toko Online Coffee Maker Di Curup Selatan, Rejang Lebong


Jenis Kopi Di Toraja – Toko Online Coffee Maker Di Curup Selatan, Rejang Lebong - Meski kian banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, mulai dari kelasnya, area peraniannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, kendati berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah tahu karakter dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai struktur butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran kualitasnya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Di Toraja – Toko Online Coffee Maker Di Curup Selatan, Rejang Lebong


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di beragam belahan dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang khas, berlainan di tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal hama dan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya kentara ialah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai warung kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi informasi di blog Jenis Kopi Di Toraja – Toko Online Coffee Maker Di Curup Selatan, Rejang Lebong, semoga berpengaruh.

0 comments