Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Takeran, Magetan

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Takeran, Magetan


Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Takeran, Magetan - Biar semakin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, dari tipenya, tempat penanamannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di negeri ini serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah kalian semua pernah mengetahui kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang struktur biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Takeran, Magetan


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di beragam bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan tahan penyakit.

Adapun ciri khusus paling mencolok ialah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi tulisan dalam blog Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Takeran, Magetan, semoga bermanfaat.

0 comments