Jenis Kopi Robusta Nusantara – Penjual Mesin Coffee Maker di Abab, PAL Ilir

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Penjual Mesin Coffee Maker di Abab, PAL Ilir


Jenis Kopi Robusta Nusantara – Penjual Mesin Coffee Maker di Abab, PAL Ilir - Biar semakin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai dari tipenya, kawasan peraniannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walaupun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah kamu semua sudah mengetahui keistimewaan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki struktur batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran mutunya pun lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air yakni Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Penjual Mesin Coffee Maker di Abab, PAL Ilir


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di berbagai bagian dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan hama & penyakit.

Adapun keunikan setidaknya menonjol ialah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa rendah, maka dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah memahami dan merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai kafe yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca tulisan di website Jenis Kopi Robusta Nusantara – Penjual Mesin Coffee Maker di Abab, PAL Ilir, mudah-mudahan bermakna.

0 comments