Jenis Kopi Robusta Spesial – Kios Pembuat Kopi di Konang, Bangkalan

Jenis Kopi Robusta Spesial – Kios Pembuat Kopi di Konang, Bangkalan



Jenis Kopi Robusta Spesial – Kios Pembuat Kopi di Konang, Bangkalan - Biar kian banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walaupun berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di beberapa warkop.

Tetapi, apakah anda semua telah mengetahui keistimewaan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit namun menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Spesial – Kios Pembuat Kopi di Konang, Bangkalan


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di berbagai bagian bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa khas, berlainan di setiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khas setidaknya gamblang yakni tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di suhu rendah, sehingga dapat lekas panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak Coffee shop yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi informasi dalam web Jenis Kopi Robusta Spesial – Kios Pembuat Kopi di Konang, Bangkalan, mudah-mudahan berguna.

0 comments