Jenis Kopi Starbucks – Toko Coffee Maker di Ujung

Jenis Kopi Starbucks – Toko Coffee Maker di Ujung



Jenis Kopi Starbucks – Toko Coffee Maker di Ujung - Walaupun makin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai kelasnya, daerah peraniannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walaupun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo dengan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warkop.

Namun, apakah anda semua pernah mengetahui karakter dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki tatanan batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran harganya juga lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Starbucks – Toko Coffee Maker di Ujung


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di bermacam belahan dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa istimewa, berlainan di setiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus setidaknya menonjol adalah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca tulisan di halaman Jenis Kopi Starbucks – Toko Coffee Maker di Ujung, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments