Jenis Kopi Untuk Vietnam Drip – Toko Coffee Maker di Ciwidey, Bandung

Jenis Kopi Untuk Vietnam Drip – Toko Coffee Maker di Ciwidey, Bandung



Jenis Kopi Untuk Vietnam Drip – Toko Coffee Maker di Ciwidey, Bandung - Kendati kian ramai pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, mulai dari kelasnya, kawasan penanamannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, biar pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan digunakan di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah paham keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai wujud bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran harganya pula lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Untuk Vietnam Drip – Toko Coffee Maker di Ciwidey, Bandung


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di bermacam belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan paling mencolok yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi macam ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian ramai kedai kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca risalah dalam website Jenis Kopi Untuk Vietnam Drip – Toko Coffee Maker di Ciwidey, Bandung, mudah-mudahan bermakna.

0 comments