Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Online Shop Pembuat Kopi di Kapuas

Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Online Shop Pembuat Kopi di Kapuas


Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Online Shop Pembuat Kopi di Kapuas - Biar semakin ramai penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dimulai dari jenisnya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta flavour yang begitu beda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa coffee shop.

Namun, apakah kamu semua telah paham keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki tatanan biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Online Shop Pembuat Kopi di Kapuas


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di bermacam belahan dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang khas, berbeda di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta tahan penyakit & hama.

Adapun kekhasan paling mencolok yakni tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengenal dan merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi risalah di web Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Online Shop Pembuat Kopi di Kapuas, moga-moga bermanfaat.

0 comments