Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Penjual Pembuat Kopi di Jatiroto, Lumajang

Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Penjual Pembuat Kopi di Jatiroto, Lumajang


Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Penjual Pembuat Kopi di Jatiroto, Lumajang - Meski kian ramai penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai dari varietasnya, daerah ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walaupun dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma serta citarasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kamu semua pernah tahu karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai tatanan biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Penjual Pembuat Kopi di Jatiroto, Lumajang


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di berbagai belahan dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus paling jelas adalah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, namun susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, hal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak Coffee shop yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca tulisan dalam web Jenis Minuman Kopi Di Starbucks – Penjual Pembuat Kopi di Jatiroto, Lumajang, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments