Jenis Minuman Kopi Starbucks – Penjual Pembuat Kopi di Karanganyar, Kebumen

Jenis Minuman Kopi Starbucks – Penjual Pembuat Kopi di Karanganyar, Kebumen


Jenis Minuman Kopi Starbucks – Penjual Pembuat Kopi di Karanganyar, Kebumen - Biar kian ramai penikmat kopi yang mengenali beragam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai kelasnya, tempat penanamannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, biar pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo dengan Toraja umpamanya, memiliki aroma dan citarasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah mengerti kekhasan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki bentuk biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Minuman Kopi Starbucks – Penjual Pembuat Kopi di Karanganyar, Kebumen


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di berbagai belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna memiliki cita rasa spesial, berbeda di setiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan hama dan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya menonjol yakni taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengetahui dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi risalah di website Jenis Minuman Kopi Starbucks – Penjual Pembuat Kopi di Karanganyar, Kebumen, semoga ada manfaatnya.

0 comments