Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Online Shop Mesin Coffee Maker di Banyuanyar, Probolinggo

Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Online Shop Mesin Coffee Maker di Banyuanyar, Probolinggo



Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Online Shop Mesin Coffee Maker di Banyuanyar, Probolinggo - Biar kian ramai pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, dari tipenya, area ditanamna, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja misalnya, mempunyai aroma serta citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa warkop.

Namun, apakah kamu semua pernah mengetahui karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang tatanan batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Online Shop Mesin Coffee Maker di Banyuanyar, Probolinggo


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di berbagai belahan dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa khas, berbeda di setiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khas setidaknya eksplisit adalah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi tulisan dalam blog Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Online Shop Mesin Coffee Maker di Banyuanyar, Probolinggo, moga-moga berguna.

0 comments