Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Siberut Utara, Kepulauan Mentawai

Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Siberut Utara, Kepulauan Mentawai



Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Siberut Utara, Kepulauan Mentawai - Walaupun kian ramai penikmat kopi yang mengenali beragam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih gak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai dari tipenya, lokasi ditanamna, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, walau pun berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini serta dipakai di sebagian besar warkop.

Namun, apakah kamu semua pernah paham kekhasan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki rupa bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Siberut Utara, Kepulauan Mentawai


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di beragam belahan bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling menonjol ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pun sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak kedai kopi yang menyajikan berbagai varian kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi artikel dalam web Jenis Tanaman Kopi Di Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Siberut Utara, Kepulauan Mentawai, moga-moga bermakna.

0 comments