Jenis Varietas Kopi Arabika – Onlineshop Coffee Maker Di Sragi, Pekalongan

Jenis Varietas Kopi Arabika – Onlineshop Coffee Maker Di Sragi, Pekalongan



Jenis Varietas Kopi Arabika – Onlineshop Coffee Maker Di Sragi, Pekalongan - Meski kian banyak penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dari varietasnya, daerah peraniannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, kendati berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah anda semua sudah mengetahui karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang tatanan bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran harganya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Varietas Kopi Arabika – Onlineshop Coffee Maker Di Sragi, Pekalongan


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di beragam belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna menyandang cita rasa istimewa, berlainan di tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khas setidaknya gamblang ialah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, namun sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi informasi dalam web Jenis Varietas Kopi Arabika – Onlineshop Coffee Maker Di Sragi, Pekalongan, semoga bermakna.

0 comments