Jual Macam Kopi Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker di Tanjung Balai Karimun

Jual Macam Kopi Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker di Tanjung Balai Karimun


Jual Macam Kopi Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker di Tanjung Balai Karimun - Kendati kian banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, tetapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai varietasnya, daerah penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walaupun berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia serta dipakai di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kamu semua telah mengetahui karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang tatanan butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jual Macam Kopi Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker di Tanjung Balai Karimun


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di bermacam belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa khas, berbeda di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga tahan hama dan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya gamblang yaitu taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengenal serta merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai kedai kopi yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi informasi dalam blog Jual Macam Kopi Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker di Tanjung Balai Karimun, moga-moga berpengaruh.

0 comments