Khasiat Kopi Hijau Alana – Toko Mesin Pembuat Kopi di Metro Kibang, Lampung Timur

Khasiat Kopi Hijau Alana – Toko Mesin Pembuat Kopi di Metro Kibang, Lampung Timur



Khasiat Kopi Hijau Alana – Toko Mesin Pembuat Kopi di Metro Kibang, Lampung Timur - Meski semakin berlimpah penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia dan dipakai di beberapa warkop.

Tapi, apakah kamu semua telah tahu keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang struktur butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Alana – Toko Mesin Pembuat Kopi di Metro Kibang, Lampung Timur


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di bermacam bagian dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya gamblang adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat lekas panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah memahami dan merasakan beragam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyajikan beragam variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi tulisan di website Khasiat Kopi Hijau Alana – Toko Mesin Pembuat Kopi di Metro Kibang, Lampung Timur, moga-moga berguna.

0 comments