Khasiat Kopi Hijau Hannis – Online Shop Pembuat Kopi Di Luhak Nan Duo, Pasaman Barat

Khasiat Kopi Hijau Hannis – Online Shop Pembuat Kopi Di Luhak Nan Duo, Pasaman Barat


Khasiat Kopi Hijau Hannis – Online Shop Pembuat Kopi Di Luhak Nan Duo, Pasaman Barat - Walaupun kian berlimpah pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, dari varietasnya, kawasan penanamannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, kendati berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma serta citarasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia serta dipakai di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah tahu karakter dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki rupa butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Hannis – Online Shop Pembuat Kopi Di Luhak Nan Duo, Pasaman Barat


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di bermacam belahan dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan tahan hama & penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya eksplisit ialah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, hal ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah memahami dan merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kedai kopi yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca risalah di halaman Khasiat Kopi Hijau Hannis – Online Shop Pembuat Kopi Di Luhak Nan Duo, Pasaman Barat, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments