Khasiat Kopi Jantan – Jual Pembuat Kopi di Sako, Palembang

Khasiat Kopi Jantan – Jual Pembuat Kopi di Sako, Palembang



Khasiat Kopi Jantan – Jual Pembuat Kopi di Sako, Palembang - Kendati kian ramai penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, area perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walau pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma dan flavour yang begitu beda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua pernah tahu ke-khas-an dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki rupa butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran mutunya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Jantan – Jual Pembuat Kopi di Sako, Palembang


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di berbagai belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang khas, berbeda di setiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya menonjol yaitu taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi risalah dalam blog Khasiat Kopi Jantan – Jual Pembuat Kopi di Sako, Palembang, mudah-mudahan bermakna.

0 comments