Khasiat Kopi Radix Himalaya – Penjual Pembuat Kopi di Mojogedang, Karanganyar

Khasiat Kopi Radix Himalaya – Penjual Pembuat Kopi di Mojogedang, Karanganyar


Khasiat Kopi Radix Himalaya – Penjual Pembuat Kopi di Mojogedang, Karanganyar - Kendati makin ramai penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, mulai dari tipenya, tempat perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Kopi sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kamu semua sudah mengetahui karakter dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki wujud butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Radix Himalaya – Penjual Pembuat Kopi di Mojogedang, Karanganyar


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di berbagai bagian dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan hama.

Adapun kekhasan setidaknya jelas adalah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di suhu yang rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca artikel di web Khasiat Kopi Radix Himalaya – Penjual Pembuat Kopi di Mojogedang, Karanganyar, moga-moga bermakna.

0 comments