Macam Jenis Kopi Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Gending, Probolinggo

Macam Jenis Kopi Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Gending, Probolinggo


Macam Jenis Kopi Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Gending, Probolinggo - Biar semakin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih gak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, area perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski pun dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma dan flavour yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warkop.

Namun, apakah kamu semua sudah tahu karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang bentuk batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di perkebunan pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia adalah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Jenis Kopi Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Gending, Probolinggo


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi kini di bermacam belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus paling mencolok adalah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, namun susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi risalah dalam blog Macam Jenis Kopi Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Gending, Probolinggo, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments