Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Online Shop Pembuat Kopi di Logas Tanah Darat, Kuantan Singingi

Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Online Shop Pembuat Kopi di Logas Tanah Darat, Kuantan Singingi



Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Online Shop Pembuat Kopi di Logas Tanah Darat, Kuantan Singingi - Meski kian ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, namun tidak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai dari tipenya, daerah peraniannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah kalian semua pernah tahu keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai rupa bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Online Shop Pembuat Kopi di Logas Tanah Darat, Kuantan Singingi


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di berbagai bagian dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus paling menonjol yakni peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kafe yang menyajikan beragam variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca informasi dalam web Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Online Shop Pembuat Kopi di Logas Tanah Darat, Kuantan Singingi, mudah-mudahan berguna.

0 comments