Macam Kopi Gayo – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Simpang Jernih, Aceh Timur

Macam Kopi Gayo – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Simpang Jernih, Aceh Timur


Macam Kopi Gayo – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Simpang Jernih, Aceh Timur - Kendati makin ramai penikmat kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dimulai dari varietasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, meski dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah paham kekhasan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki rupa butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Kopi Gayo – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Simpang Jernih, Aceh Timur


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di beragam belahan dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus paling menonjol adalah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak Coffee shop yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca artikel di web Macam Kopi Gayo – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Simpang Jernih, Aceh Timur, moga-moga ada gunanya.

0 comments