Macam Kopi Khas Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Krayan, Nunukan

Macam Kopi Khas Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Krayan, Nunukan



Macam Kopi Khas Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Krayan, Nunukan - Walaupun semakin ramai penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dari varietasnya, tempat perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski berjenis sama, cita rasa kopi Gayo serta Toraja contohnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini dan digunakan di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua telah paham ke-khas-an dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki tatanan butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit namun menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran mutunya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Kopi Khas Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Krayan, Nunukan


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di beragam belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa spesial, berbeda di setiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya kentara yakni peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini karena ditanam di hawa rendah, sehingga bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca informasi di website Macam Kopi Khas Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Krayan, Nunukan, semoga berguna.

0 comments