Macam Kopi Robusta – Jual Pembuat Kopi di Kurau, Tanah Laut

Macam Kopi Robusta – Jual Pembuat Kopi di Kurau, Tanah Laut



Macam Kopi Robusta – Jual Pembuat Kopi di Kurau, Tanah Laut - Walaupun semakin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari tipenya, daerah peraniannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah paham karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai rupa biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran harganya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Kopi Robusta – Jual Pembuat Kopi di Kurau, Tanah Laut


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun sekarang di beragam belahan dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga kebal hama.

Adapun ciri khusus paling kentara yakni taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka bisa cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengetahui serta merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak kedai kopi yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah dalam website Macam Kopi Robusta – Jual Pembuat Kopi di Kurau, Tanah Laut, moga-moga berpengaruh.

0 comments