Macam Kopi Robusta – Toko Online Pembuat Kopi Di Sukahening, Tasikmalaya

Macam Kopi Robusta – Toko Online Pembuat Kopi Di Sukahening, Tasikmalaya



Macam Kopi Robusta – Toko Online Pembuat Kopi Di Sukahening, Tasikmalaya - Kendati semakin berlimpah pecinta kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai jenisnya, tempat ditanamna, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walau pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo dengan Toraja contohnya, memiliki aroma dan flavour yang berlainan.

Biji kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah kamu semua pernah mengerti karakteristik dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai bentuk batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Kopi Robusta – Toko Online Pembuat Kopi Di Sukahening, Tasikmalaya


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di bermacam belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan penyakit.

Adapun keunikan paling eksplisit ialah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, namun sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi informasi di web Macam Kopi Robusta – Toko Online Pembuat Kopi Di Sukahening, Tasikmalaya, mudah-mudahan bermakna.

0 comments