Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Jual Coffee Maker di Sewon, Bantul

Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Jual Coffee Maker di Sewon, Bantul



Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Jual Coffee Maker di Sewon, Bantul - Walaupun semakin ramai penikmat kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, namun gak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, dari jenisnya, kawasan ditanamna, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang berbeda.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di negeri ini dan dipakai di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah kamu semua telah tahu keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai tatanan butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Jual Coffee Maker di Sewon, Bantul


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di beragam bagian bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa istimewa, berbeda di tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit & hama.

Adapun keistimewaan paling kentara ialah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah memahami serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi tulisan di web Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Jual Coffee Maker di Sewon, Bantul, moga-moga berpengaruh.

0 comments