Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Online Coffee Maker di Abung Kunang, Lampung Utara

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Online Coffee Maker di Abung Kunang, Lampung Utara



Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Online Coffee Maker di Abung Kunang, Lampung Utara - Kendati kian ramai pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, mulai varietasnya, area perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berlainan.

Kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa warkop.

Namun, apakah anda semua sudah paham keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki tatanan batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak muncul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Online Coffee Maker di Abung Kunang, Lampung Utara


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi kini di berbagai bagian dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di setiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas paling eksplisit yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah memahami serta merasakan beragam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca risalah di halaman Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Online Coffee Maker di Abung Kunang, Lampung Utara, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments