Macam-Macam Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Parepare

Macam-Macam Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Parepare



Macam-Macam Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Parepare - Meski makin banyak pecinta kopi yang mengenali beragam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai dari kelasnya, daerah penanamannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah kalian semua pernah mengerti kekhasan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai bentuk biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Macam-Macam Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Parepare


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi kini di beragam belahan bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena menyandang cita rasa spesial, berbeda di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan resistan hama & penyakit.

Adapun keunikan setidaknya jelas yakni taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca informasi dalam halaman Macam-Macam Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Parepare, semoga ada gunanya.

0 comments