Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Reteh, Indragiri Hilir

Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Reteh, Indragiri Hilir


Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Reteh, Indragiri Hilir - Biar kian berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimple itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dari jenisnya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski pun berjenis sama, rasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma serta citarasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua pernah mengetahui keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki wujud biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Reteh, Indragiri Hilir


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun sekarang di beragam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit & hama.

Adapun keistimewaan paling gamblang yakni peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pun beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengetahui serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyediakan beragam variasi kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi risalah dalam web Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Reteh, Indragiri Hilir, semoga berpengaruh.

0 comments