Macam Rasa Kopi Gayo – Penjual Coffee Maker di Tempursari, Lumajang

Macam Rasa Kopi Gayo – Penjual Coffee Maker di Tempursari, Lumajang


Macam Rasa Kopi Gayo – Penjual Coffee Maker di Tempursari, Lumajang - Biar semakin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, namun tidak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, dari varietasnya, tempat peraniannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, biar pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja umpamanya, memiliki aroma serta flavour yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia dan dipakai di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah paham karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai bentuk bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Rasa Kopi Gayo – Penjual Coffee Maker di Tempursari, Lumajang


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi kini di beragam bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang khas, berbeda di setiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta tahan penyakit & hama.

Adapun keistimewaan setidaknya kentara yakni taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengenal dan merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyajikan beragam varian kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca artikel di website Macam Rasa Kopi Gayo – Penjual Coffee Maker di Tempursari, Lumajang, semoga bermanfaat.

0 comments