Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wajah – Penjual Mesin Coffee Maker di Permata Kecubung, Sukamara

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wajah – Penjual Mesin Coffee Maker di Permata Kecubung, Sukamara



Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wajah – Penjual Mesin Coffee Maker di Permata Kecubung, Sukamara - Walaupun makin banyak pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai tipenya, area ditanamna, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis sama, rasa kopi Gayo dengan Toraja misalnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu beda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia dan dipakai di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah kalian semua telah tahu karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki struktur biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai muncul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wajah – Penjual Mesin Coffee Maker di Permata Kecubung, Sukamara


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun kini di beragam bagian dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya eksplisit yakni peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, hal ini sebab ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca tulisan dalam website Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Wajah – Penjual Mesin Coffee Maker di Permata Kecubung, Sukamara, semoga ada gunanya.

0 comments