Manfaat Kopi Hijau Alana – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Pagar Dewa, Tulang Bawang Barat

Manfaat Kopi Hijau Alana – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Pagar Dewa, Tulang Bawang Barat



Manfaat Kopi Hijau Alana – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Pagar Dewa, Tulang Bawang Barat - Walaupun semakin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai dari kelasnya, lokasi ditanamna, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, meski dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja misalnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah kalian semua pernah mengetahui keistimewaan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang wujud biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran kualitasnya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Alana – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Pagar Dewa, Tulang Bawang Barat


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di beragam belahan bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena memiliki cita rasa khas, berbeda di setiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal penyakit & hama.

Adapun keistimewaan paling eksplisit yaitu taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, juga sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin ramai warung kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi risalah dalam blog Manfaat Kopi Hijau Alana – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Pagar Dewa, Tulang Bawang Barat, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments