Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Online Shop Coffee Maker di Ngaglik, Sleman

Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Online Shop Coffee Maker di Ngaglik, Sleman


Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Online Shop Coffee Maker di Ngaglik, Sleman - Kendati semakin banyak penikmat kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang tampaknya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai kelasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, meski dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta flavour yang berlainan.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah kamu semua telah mengerti keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki tatanan butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit namun mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Online Shop Coffee Maker di Ngaglik, Sleman


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di berbagai belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta kebal penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan paling mencolok ialah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pun beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kafe yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi informasi di halaman Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Online Shop Coffee Maker di Ngaglik, Sleman, moga-moga ada gunanya.

0 comments