Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Kios Pembuat Kopi di Kahayan Tengah, Pulang Pisau

Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Kios Pembuat Kopi di Kahayan Tengah, Pulang Pisau



Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Kios Pembuat Kopi di Kahayan Tengah, Pulang Pisau - Meski kian ramai pecinta kopi yang menandai beragam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dari tipenya, tempat perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja contohnya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah paham ke-khas-an dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai tatanan batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran mutunya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Kios Pembuat Kopi di Kahayan Tengah, Pulang Pisau


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun kini di beragam bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga tahan penyakit & hama.

Adapun kekhasan setidaknya eksplisit ialah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan beragam varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi risalah dalam halaman Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh – Kios Pembuat Kopi di Kahayan Tengah, Pulang Pisau, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments