Manfaat Kopi Hitam Untuk Masker Wajah – Toko Online Coffee Maker di Bagan Sinembah, Rokan Hilir

Manfaat Kopi Hitam Untuk Masker Wajah – Toko Online Coffee Maker di Bagan Sinembah, Rokan Hilir



Manfaat Kopi Hitam Untuk Masker Wajah – Toko Online Coffee Maker di Bagan Sinembah, Rokan Hilir - Biar kian banyak pecinta kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang ternyata masih tak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walau pun dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta digunakan di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah mengetahui kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki rupa batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hitam Untuk Masker Wajah – Toko Online Coffee Maker di Bagan Sinembah, Rokan Hilir


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di bermacam belahan dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khas paling gamblang ialah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca artikel di blog Manfaat Kopi Hitam Untuk Masker Wajah – Toko Online Coffee Maker di Bagan Sinembah, Rokan Hilir, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments