Manfaat Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Magersari, Mojokerto

Manfaat Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Magersari, Mojokerto



Manfaat Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Magersari, Mojokerto - Meski makin banyak penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, lokasi ditanamna, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, kendati dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja contohnya, memiliki aroma dan cita rasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah mengerti keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki bentuk butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Magersari, Mojokerto


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di bermacam belahan dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan resistan hama dan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya kentara yakni taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai kedai kopi yang menyajikan bermacam varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi risalah di website Manfaat Kopi Robusta – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Magersari, Mojokerto, mudah-mudahan bermakna.

0 comments