Manfaat Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker di Bogorejo, Blora

Manfaat Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker di Bogorejo, Blora



Manfaat Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker di Bogorejo, Blora - Kendati semakin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dari varietasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, biar pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di sebagian besar warkop.

Namun, apakah anda semua telah tahu ke-khas-an dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang bentuk batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker di Bogorejo, Blora


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di berbagai bagian dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal hama & penyakit.

Adapun keistimewaan paling eksplisit yakni tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, namun sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengenal serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak Coffee shop yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi informasi dalam website Manfaat Kopi Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker di Bogorejo, Blora, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments