Manfaat Kopi Untuk Kecantikan Tubuh – Toko Online Coffee Maker di Geyer, Grobogan

Manfaat Kopi Untuk Kecantikan Tubuh – Toko Online Coffee Maker di Geyer, Grobogan


Manfaat Kopi Untuk Kecantikan Tubuh – Toko Online Coffee Maker di Geyer, Grobogan - Kendati kian ramai penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dari tipenya, tempat penanamannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah kalian semua pernah mengetahui keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang struktur bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kecantikan Tubuh – Toko Online Coffee Maker di Geyer, Grobogan


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di berbagai bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta kebal hama.

Adapun ciri khas paling kentara yakni taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah memahami serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak warung kopi yang menyajikan beragam varian kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca tulisan di blog Manfaat Kopi Untuk Kecantikan Tubuh – Toko Online Coffee Maker di Geyer, Grobogan, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments