Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Capkala, Bengkayang

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Capkala, Bengkayang


Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Capkala, Bengkayang - Walaupun makin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, namun tak sedikit juga yang tampaknya masih tak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesederhana itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, mulai dari jenisnya, lokasi peraniannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, walau pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma dan cita rasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di beberapa coffee shop.

Namun, apakah anda semua sudah mengetahui karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai struktur biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran kualitasnya pula lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Capkala, Bengkayang


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di beragam bagian dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan tahan penyakit & hama.

Adapun keunikan setidaknya mencolok ialah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah memahami serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi risalah dalam website Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Capkala, Bengkayang, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments