Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Rambut – Onlineshop Pembuat Kopi Di Temanggung, Temanggung

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Rambut – Onlineshop Pembuat Kopi Di Temanggung, Temanggung



Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Rambut – Onlineshop Pembuat Kopi Di Temanggung, Temanggung - Meski kian banyak pecinta kopi yang mengenali beragam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, dimulai dari kelasnya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma dan flavour yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah anda semua sudah tahu ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai rupa butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air adalah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Rambut – Onlineshop Pembuat Kopi Di Temanggung, Temanggung


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di berbagai belahan bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal hama & penyakit.

Adapun ciri khusus paling mencolok ialah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengenal dan merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi informasi di blog Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Rambut – Onlineshop Pembuat Kopi Di Temanggung, Temanggung, semoga bermakna.

0 comments