Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh – Penjual Mesin Coffee Maker Di Periuk, Tangerang

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh – Penjual Mesin Coffee Maker Di Periuk, Tangerang


Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh – Penjual Mesin Coffee Maker Di Periuk, Tangerang - Kendati makin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, dimulai dari jenisnya, daerah peraniannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walau pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo dengan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma serta flavour yang berlainan.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warkop.

Namun, apakah kamu semua sudah paham keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang tatanan bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran harganya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh – Penjual Mesin Coffee Maker Di Periuk, Tangerang


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di beragam bagian bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya jelas yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengenal serta merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kedai kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca artikel di blog Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh – Penjual Mesin Coffee Maker Di Periuk, Tangerang, semoga ada gunanya.

0 comments