Membuat Kopi Ala Barista – Online Shop Pembuat Kopi di Candi Laras Utara, Tapin

Membuat Kopi Ala Barista – Online Shop Pembuat Kopi di Candi Laras Utara, Tapin


Membuat Kopi Ala Barista – Online Shop Pembuat Kopi di Candi Laras Utara, Tapin - Walaupun semakin ramai pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, namun tak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai varietasnya, lokasi peraniannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, meski pun dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah paham karakter dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki struktur biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran kualitasnya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Membuat Kopi Ala Barista – Online Shop Pembuat Kopi di Candi Laras Utara, Tapin


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun kini di bermacam belahan dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khas setidaknya menonjol adalah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, hal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca tulisan dalam web Membuat Kopi Ala Barista – Online Shop Pembuat Kopi di Candi Laras Utara, Tapin, semoga berpengaruh.

0 comments