Membuat Kopi Ala Barista – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Sukajaya, Bogor

Membuat Kopi Ala Barista – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Sukajaya, Bogor


Membuat Kopi Ala Barista – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Sukajaya, Bogor - Biar kian banyak pecinta kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, tempat peraniannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski pun berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah tahu kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai wujud bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Ala Barista – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Sukajaya, Bogor


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di beragam belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna menyandang cita rasa khas, berbeda di setiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal penyakit & hama.

Adapun kekhasan setidaknya kentara yakni peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah memahami dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah di website Membuat Kopi Ala Barista – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Sukajaya, Bogor, moga-moga ada gunanya.

0 comments