Membuat Kopi Vietnam Drip – Jual Pembuat Kopi Di Kalimanggis, Kuningan

Membuat Kopi Vietnam Drip – Jual Pembuat Kopi Di Kalimanggis, Kuningan



Membuat Kopi Vietnam Drip – Jual Pembuat Kopi Di Kalimanggis, Kuningan - Kendati makin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dari kelasnya, lokasi peraniannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan cita rasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa warkop.

Namun, apakah anda semua telah paham karakter dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai tatanan bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran nilainya juga lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Membuat Kopi Vietnam Drip – Jual Pembuat Kopi Di Kalimanggis, Kuningan


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di berbagai belahan bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa spesial, berbeda di setiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta resistan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling mencolok yakni tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beragam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian ramai warung kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi artikel dalam web Membuat Kopi Vietnam Drip – Jual Pembuat Kopi Di Kalimanggis, Kuningan, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments