Membuat Masker Kopi Sendiri – Penjual Pembuat Kopi di Klari, Karawang

Membuat Masker Kopi Sendiri – Penjual Pembuat Kopi di Klari, Karawang



Membuat Masker Kopi Sendiri – Penjual Pembuat Kopi di Klari, Karawang - Meski semakin banyak pecinta kopi yang menandai beragam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang ternyata masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai dari tipenya, lokasi ditanamna, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, kendati dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa warung kopi.

Namun, apakah anda semua pernah paham keunikan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang rupa biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran harganya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Membuat Masker Kopi Sendiri – Penjual Pembuat Kopi di Klari, Karawang


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di bermacam bagian dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa istimewa, berlainan di tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan penyakit & hama.

Adapun keunikan paling mencolok adalah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai warung kopi yang menyajikan bermacam varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi tulisan dalam blog Membuat Masker Kopi Sendiri – Penjual Pembuat Kopi di Klari, Karawang, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments