Meracik Kopi Hitam – Toko Online Coffee Maker Di Kepulauan Anambas

Meracik Kopi Hitam – Toko Online Coffee Maker Di Kepulauan Anambas


Meracik Kopi Hitam – Toko Online Coffee Maker Di Kepulauan Anambas - Biar semakin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, mulai dari varietasnya, daerah peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, biar pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh serta Toraja contohnya, menyandang aroma dan flavour yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah kamu semua sudah mengetahui ke-khas-an dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai wujud bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam – Toko Online Coffee Maker Di Kepulauan Anambas


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di bermacam bagian bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa spesial, berlainan di tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan penyakit & hama.

Adapun keistimewaan paling gamblang adalah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah memahami dan merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyediakan bermacam varian kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca informasi dalam halaman Meracik Kopi Hitam – Toko Online Coffee Maker Di Kepulauan Anambas, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments