Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Tegalsiwalan, Probolinggo

Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Tegalsiwalan, Probolinggo


Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Tegalsiwalan, Probolinggo - Biar makin banyak pecinta kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang ternyata masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dari jenisnya, lokasi peraniannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, meski dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di negeri ini serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah paham keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai tatanan butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai muncul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Tegalsiwalan, Probolinggo


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun kini di bermacam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga resistan hama.

Adapun kekhasan setidaknya eksplisit ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengetahui dan merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyajikan bermacam varian kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca risalah di halaman Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Tegalsiwalan, Probolinggo, moga-moga berguna.

0 comments